Hal Yang Harus Dipersipkan Untuk Seserahan Dalam Pernikahan

Hal Yang Harus Dipersipkan Untuk Seserahan Dalam Pernikahan

Dalam melakukan pernikahan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti biaya gedung, catering, cidera mata, sampai dengan seserahan. Seserahan merupakan sebuah budaya yang dilaksanakan di berabagai daerah. Seserahan merupakan salah satu prosesi dalam pernikahan yang sangat penting dan tidak boleh untuk dilupakan.

Seserahan Yang Dibawa Oleh Pihak Mempelai Laki-Laki

Pada umumnya seserahan dibawa oleh pihak mempelai laki-laki untuk dibawa dan diserahkan kepada pihak mempelai perempuan. Seserahan biasanya merupakan hal-hal yang disukai oleh sang mempelai wanita atau yang memang wajib untuk dibawa, diantaranya adalah seperangkat alat solat, dan barang-barang lainnya yang digunakan oleh mempelai wanita dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki. Seserahan ini memiliki makna pemberian tersebut dijadikan sebagai bekal nanti untuk mengawali hidup baru dalam bahtera rumah tangga. Lalu apa saja sebenarnya barang-barang yang diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita dalam bentuk seserahan ini? daripada penasaran? langsung saja kita simak ulasan artikel di bawah ini yang menjelaskan apa saja  seserahan yang diberukan pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita.

Seserahan yang harus diberikan oleh pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita adalah peralatan mandi. Alat mandi tersebut terdiri dari handuk, shampoo, sabun mandi, pembersih muka, lulur, dan lainsebgainya. Selain itu juga harus ada pakaian dalam yakni celana dalam, bra, baju tidur, kaos dalam, dan sebagainya. Selain itu ada juga pealaan make up untuk berdandan yang biasa dipakai oleh mempelai wanita diantaranya bedak, eyeshadow, eyeliner, lipstick, pelembab, foundation, BB Cream, dan lain sebagainya. Selain itu juga kebutuhan tersier untuk bepergian terdiri dari high heels atau wedges atau bisa juga sepatu flat, tas, kain broklat, baju kerja, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu ada juga perlengkapan rumah tangga seperti seprei dan bedcover, piring, gelas, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Dan yang terakhir bisa juga memberikan sembako seperti beras, mie instan, minyak goreng, buah-buhan seperti jeruk, apel, pisang, anggur, buah pir, dan lain sebagainya.

Seserahan Yang Dibawa Oleh Pihak Mempelai Laki-Laki

Biasanya juga ditambahi dengan berbagai jenis makanan seperti kue-kue an beserta makanan yang disukai oleh sang mempelai wanita seperti dodol, lemper, donat, bolu, brownis, dan lain sebagainya. Ada juga seserahan yag wajib ada untuk diserahkan dan tidak boleh ketinggalan, yakni seperangkat alat solat dan cincin perikahan ataupun mahar ang diminta oleh calon memepelai wanita. Untuk pasangan mempelai yang beragama Islam, seperangkat alat solat merupaka n salah satu barang yang wajib ada dan diserahkan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Hal tersebut merupakan salah satu lambing dalam pernikahan yang mana setiap pasangan suami istri harus tetap berpegang teguh dan berpedoman pada ajaran agama Islam. Selain itu cincin pernikahan merupakan salah satu yang wajib ada dan wajib diserahkan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Biasanya cincin nikah tersebut diberikan satu set yang mana satu diberikan kepada pengantin wanita dan satu lagi dipakai untuk pengantin pria. Cincin pernikahan tersebut bisa berupa emas, perak, emas putih, dan lain sebagainya. Untuk beratnya sendiri itu tergantung dengan perjanjian kedua belah pihak pasangan. Cincin pernikahan tersebut merupakan suatu symbol atau lambang sebagai pengikat atau perjanjian dalam kedua mempelai untuk menjalin rumah tangga selamanya.

Itulah sedikit ulasan mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan dalam seserahan untuk pernikahan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Ini juga isa dijadikan acuan untuk anda yang akan melangsungkan pernikahan.