Prosesi Pernikahan Adat Jawa Yang Menarik dan Bermakna

Prosesi Pernikahan Adat Jawa Yang Menarik dan Bermakna

Prosesi Pernikahan Adat Jawa Yang Menarik dan Bermakna

Pernikahan merupakan salah satu acara yang sakral untuk diljalankan, yang mana banyak prosesi yang harus dilakukan dan ditaati sesuai dengan aturan. Prosesi pernikahan adat jawa merupakan salah satu prosesi pernikahan yang terkenal sangat banyak dan ribet.

Namun di balik keribetan tersebut sebenarnya sangat tersirat sesuatu yang sangat bermakna, khususnya untuk keberlanjutan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Prosesi pernikahan dengan menggunakan adat Jawa merupakan salah satu profesi yang sangat panjang jka dibandingkan dengan prosesi pernikahan dengan menggunakan adat dari darah lainnya seperti adat minang, adat batak, adat bali, dan lain sebagainya.

Sepanjang apakah prosesi yang harus dilakukan untuk pernikahan yang menggunakan adat Jawa. Penasaran? daripada penasaran langsung saja kita simak penejalasan dan ulasan dari artikel di bawah ini.

  • Prosesi pertama yang harus dilakukan adalah prisesi siraman. Siraman bisa diartikan sevaga prosesi untuk membersihkan diri sebelum acara besar dilaksanakan. Kata siraman berasal dari kara sram yang artinya mandi. Jadi proses siraman merupakan proses dengan menyiramkan air bunga. bunga yang banyak dipakai adalah bunga mawar. Pasangan pengantin biasanya memakai bunga melati, bunga kenaga, atau bunga kantil untuk sebagai pelengkap dalam proses siraman. Ada tujuh orang yang menyiramkan air mawar ini kepada pasangan pengantin. Hal tersebut buka tanpa alasan, namun memiliki makna yakni tujuh dalam bahasa jawa adalah pitu yang berarti pitulungan atau pertolongan. Jadi diharapkan pasangan calon pengantin tersebut mendpatkan pertolongan dalam rumah tangga.
  • Prosesi yang ke dua adalah midodareni, midodareni merupakan salah satu symbol yang baik untuk melakukan silahturahmi bersama kedua keluarga besar yang akan bersatu menjadi saudara. Hal ini merupakan acara yang mana keluarga besar mempelai pria yang berkunjung ke keluarga besar mempelai wanita.
  • Prosesi yang ke tiga adalah menginjak telur. Menginjak telur merupakan salah satu symbol tentang kesetiaan dan dimaknai dengan harapan. Harapan yang dimaksud adalah harapan kedua pengantin untuk memiliki keturunan. Setelah itu mempelai anita akan membasuh kaki mempelai pria yang menginjak telur tersebut sebagai bukti kesetiaan.
  • Prosesi selanjutya adalah pangkuan, yang memiliki makna yakni saling berbagi kasih yang adil. Kedua mempelai duduk di pangkuan ayah mempelai perempuan. Pengantin wanita duduk di paha sebelah kiri yah dan pengantin laki-laki duduk di sebelah kanan ayah.
  • Prosesi selanjutnya adalah kacar kucuryang mana memiliki makna dan symbol kesejateraan dalam berumah tangga. Mempelai pria akan megucurkan biji-bijian seperti beras yang diwadahi kantong dan dikucurkan kepada mempelai wanita. Hal ini memiliki makna bahwa sang suami harus memberi nafkah kepada sang istri kelak untuk kesejahteraan dalam rumah tangga.
  • Prosesi selanjutnya adalah dulang-dulangan yang mana memiliki makna saling menolong dan rukun. Kedua mempelai akan saling menyuapi sebanyak tiga kali yang mana prosesi ini diharapkan kedua pasangan akan selalu rukun dan saling tolong menolong dalam menempuh hidup berumah tangga.
  • Prosesi selanjutnya adalah sungkeman. Sungkeman merupakan salah satu proses sungkem yang dilakukan oleh kedua mempelai kepada orang tua mereka yang mana ini bermakna agar berbakti kepada orang tua atau sesepuh mereka.Hal ini juga dimaknai dengan pemberian restu untuk pernikahan mereka.
  • Prosesi selanjutnya adalah janur kuning yang memiliki makna untuk menghapakan cahaya yang lebih baikuntuk perjalanan pernikahan ke depannya. Prosesi ini juga dimaknai untuk menghalangi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Dan prosesi yang terakhir adalah kembar mayang yang mana memiliki makna untuk setiap harapan yang baik untuk hidup baru dalam rumah tangga.

Itulah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai prosesi dalam adat Jawa yang sangat menarik dan memiliki banyak makna tersebut. Semoga bermanfaat dalam emnambah pengetahuan anda ya.