Tips Menentukan Mahar Pernikahan Yang Sesuai

Dalam pernikahan, mahar merupakan salah satu faktor penting yang tidak terpisahkan. Proses pemberian mahar dari pengantin pria kepada pengantin wanita menjadi sangat penting dan hal tersebutlah yang membuat sebuah pernikahan dapat terlaksana.

Dalam menentukan bentuk mahar, biasanya calon mempelai wanita dan pria kebingungan, apa yang harus dijadikan mahar. Terkadang hal ini menjadi suatu hal yang terlalu dipikirkan sehingga membuat hal-hal lainnya yang tidak kalah penting menjadi terlupakan. Padahal untuk menyiapkan sebuah pernikahan bukanlah hal yang mudah, banyak sekali detail-detail dalam pernikahan yang tidak boleh terlewat dan tidak boleh terlupakan jika ingin memiliki hari pernikahan yang sempurna. Sebenarnya untuk menentukan mahar apa yang ingin gunakan tidaklah sesulit yang anda pikirkan selama anda mengetahui tips-tipsnya.

Berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mempersiapkan mahar pernikahan anda.

  • Budget

Lihatlah budget yang anda miliki, seberapa banyak yang anda siapkan untuk mahar tersebut. Jangan sampai anda memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang terlalu mahal sehingga melebihi budget. Anda tidak perlu malu kepada pasangan anda apabila tidak memiliki budget yang besar untuk mahal yang akan anda berikan kepada pasangan anda. Daripada anda membeli mahar dari hasil berhutang, lebih baik memberikan mahar yang berasal dari jerih payah anda sendiri.

  • Diskusikan dengan calon mempelai wanita

Mahar memang merupakan suatu hal yang diberikan oleh pengantin pria kepada pengantin wanita, dimana pihak pria lah yang akan menentukan mahar tersebut. Namun tak jarang dari pihak wanita yang memilih mahar dan pihak pria tinggal menyediakannya. Jika anda bingung, tentunya akan lebih mudah jika anda berdiskusi dan bertanya kira-kira pasangan anda menginginkan mahar yang seperti apa. Dengan begitu mahar yang anda berikan akan sesuai dengan keinginan dari pihak wanita dan mahar tersebut tidak akan sia-sia. dominoqq

  • Sesuaikan dengan konsep dan misi

Hal ini sebenarnya disesuaikan dengan diri anda sendiri, namun jika anda memiliki suatu visi dan misi tentunya kan lebih mudah untuk memilih mahar. Karena dengan visi misi tersebut anda bisa menentukan mahar yang memiliki nilai dan filosofi dari mahar tersebut.

  • Tidak perlu melihat mahar orang lain

Anda tidak perlu mengikuti mahar yang orang lain gunakan pada pernikahan mereka. Karena setiap orang memiliki cara dan kebutuhan yang berbeda. Anda tidak bisa menyamakan pernikahan orang lain dengan pernikahan anda sendiri. Yang penting anda pecaya diri dengan apa yang akan anda berikan kepada pihak wanita. Anda juga bisa berdiskusi dengan pasangan anda tentang keinginannya terhadap mahar yang akan anda berikan.

Baca JugaProsesi Pernikahan Adat Jawa Yang Menarik dan Bermakna

Karena pernikahan adalah momen yang sangat penting dalam kehidupan, jangan sampai anda salah dalam memilih mahar. Kesalahan dalam pemilihan mahar akan menyebabkan pasangan anda menjadi kurang senang dan tak heran apabila pasangan anda kecewa. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa mahar tidak perlu terlalu mahal, bahkan anda bisa memberikan hapalan surat Al-Qur’an untuk pasangan anda. Tentunya hal tersebut tidak membutuhkan biaya sepeser pun, dan bahkan hal tersebut menunjukkan keseriusan anda untuk menikahi pasangan anda, anda mau bekerja keras untuk hal tersebut. Yang penting sebelum memutuskan sesuatu, anda harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan anda untuk menjamin bahwa mahar yang akan anda berikan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasangan anda.