Tips Merencanakan Menu Makanan Pernikahan

Tips Merencanakan Menu Makanan Pernikahan

Makanan adalah hal yang sangat krusial dalam sebuah pernikahan, karena makanan adalah biaya terbesar yang dikeluarkan. Apabila anda tidak memilih jenis dan jumlah makanan dengan tepat, anda dapat mengalami kerugian akibat makanan yang tersisa banyak.

Mempersiapkan Segala Sesuatu Untuk Acara Pernikahan

Namun ketika makanan yang tersedia terlalu sedikit, hal tersebut akan membuat sebagian tamu undangan tidak dapat mencicipi makanan yang telah disediakan. Namun bukan berarti anda harus memesan makanan dalam jumlah yang banyak untuk berjaga-jaga sehingga semua tamu undangan kebagian makanan. Segala hal yang berlebihan dan juga terlalu sedikit tidaklah baik, usahakan jika jumlahnya sesuai sehingga pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan anda tidak perlu mengkhawatirkan hal apapun termasuk terkait makanan.

Memilih menu makanan

Dalam pernikahan ada dua jenis metode penyajian makanan yang bisa digunakan, pertama adalah prasmanan atau buffet dan yang kedua adalah gubukan atau stall dimana setiap jenis hidangan ada pada tempat-tempat tertentu yang berbentuk seperti gubuk mini atau stall. Sebelum menentukan jenis metode penyajian yang anda inginkan, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, berikut adalah tips untuk merencanakan makanan pada hari pernikahan anda.

Memastikan makanan selalu tersedia

Anda harus bisa memastikan jika setiap makanan yang ada di meja prasmanan akan selalu tersedia, jika habis maka harus segera di isi ulang sehingga setiap tamu bisa memilih makanan yang akan dikonsumsi dengan pilihan makanan yang lengkap. Anda juga harus memperkirakan tamu yang datang terlambat, sehingga walaupun mereka telat namun mereka tetap bisa mendapatkan makanan dan tidak kehabisan.

Jumlah tamu yang akan datang

Tentunya sebelum memesan makanan apapun, anda harus menentukan dan memperkirakan berapa tamu yang akan hadir dari keseluruhan tamu yang anda undang. Tak lupa anda juga harus menghitung keluarga besar dari mempelai wanita dan pria yang datang. Biasanya dari keseluruhan tamu yang diundang, hanya sekitar 80% saja yang dapat hadir pada hari pernikahan. Kemudian anda juga harus menghitung partner dari tamu undangan tersebut. Jadi setidaknya setiap tamu undangan anda harus menghitung sebagai dua orang. Misalnya saja anda mengundang 1000 orang, dan diperkirakan yang datang 80% berarti 800 orang, lalu anda hitung partner yang dibawa oleh tamu tersebut. Dengan begitu didapatkan perkiraan tamu undangan yang datang sekitar 1600 orang.

Memilih menu makanan

Anda bisa memesan menu makanan yang sekiranya disukai oleh tamu-tamu, anda tidak perlu memilih menu makanan yang sekiranya tidak disukai oleh tamu. Anda bisa menentukan menu makanan apa saja yang akan anda pilih dilihat dari siapa saja tamu yang diundang. Apabila kebanyakan tamu yang diundang adalah orang tua, maka anda bisa memilih menu makanan tradisional, namun jika kebanyakan anak muda maka anda bisa memberikan variasi pada menu makanan.

Apabila anda ingin memberikan variasi menu pada makanan di hari pernikahan anda, anda bisa menambahkan menu canapé yang merupakan makanan pembuka yang sangat enak dan terlihat menggugah selera. Canapé memiliki bentuk yang mungil sehingga dapat disantap sekaligus hanya dalam sekali gigit. Apalagi tampilannya yang cantik, canapé dapat memperindah meja hidangan pernikahan anda. Canapé berasal dari Perancis, maka tak heran apabila makanan yang satu ini terlihat sangat cantik, karena memang Perancis terkenal dengan makanan dan juga kue-kuenya. Di Perancis canapé disebut sebagai hidangan pembuka yang menggugah selera dan memiliki nama lain yaitu tartine.